Memperingati Hari Ayah Nasional Tanggal 12 November

ilustrasi ayah dan anak

Hari Ayah Nasional atau yang mulanyad dikenal dengan nama Hari Bapak Nasional, diperingati oleh masyarakat Indonesia setiap tanggal 12 November setiap tahunnya. Peringatan Hari Ayah Nasional sejak dideklarasikan oleh Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi Solo pada 12 November 2006. Hari Ayah dipandang perlu karena sosok ayah merupakan bagian dari keluarga yang perannya sama sekali tidak bisa diremehkan, sama halnya seperti ibu.

Hari Ayah Nasional dibuat untuk mengenang semua jasa ayah sekaligus menjadi pengingat bahwa bapak atau ayah merupakan bagian dari keluarga yang juga memegang peran sangat penting dalam pembentukan karakter.

Sejarah Hari Ayah Nasional

Menurut Sumenepkab.go.id, Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP) mendeklarasikan Hari Bapak Nasional bertepatan dengan Hari Kesehatan Nasional pada 12 November 2006. Deklarasi Hari Bapak ini digelar di Pendapi Gede Balaikota Solo yang dihadiri ratusan orang dari berbagai kelompok masyarakat. Pada saat yang sama, deklarasi serupa juga digelar oleh beberapa anggota PPIP lainnya di Maumere, Flores, Nusa Tenggara Timur.

Sebelum pembacaan deklarasi Hari Bapak, pemenang-pemenang dari kegiatan Sayembara Nasional Menulis Surat untuk Ayah membacakan surat mereka. Panitia telah memiliki 100 surat untuk kemudian dibukukan dengan judul “Kenangan Buat Ayah, 100 Surat Anak Nusantara”. Isi surat sangat beragam, mulai dari pujian, rasa membutuhkan, hingga nada kritis mempertanyakan fungsi bapak sebagai kepala keluarga yang tidak berjalan baik.

Demikian sejarah peringatan Hari Ayah Nasional 12 November. Selalu ada kasih sayang, cinta, dan perjuangan dalam setiap peluh keringatnya. Selamat Hari Ayah Nasional ya Sobat Elim!

Baca juga artikel: Kenali Father Hunger dan Dampaknya Terhadap Anak

BAGIKAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *