1 Mei Libur Hari Apa? Sejarah Hari Buruh untuk Memperingati Kota Tanpa Pekerja?

Labour Day Hari Buruh Sedunia

Awal bulan Mei akan ada tanggal merah. 1 Mei libur apa? Pemerintah Indonesia menetapkan tanggal 1 Mei sebagai hari libur nasional untuk memperingati Hari Buruh. 

Hari buruh atau May Day atau Labour Day tidak hanya berlaku di Indonesia saja, melainkan juga berlaku di seluruh dunia. Hari Buruh untuk memperingati kota yang lumpuh tanpa ada pekerja. Hari Buruh internasional juga diperingati seluruh dunia pada 1 Mei setiap tahunnya.

Melansir dari berbagai sumber, sejarah Hari Buruh tidak dapat terlepas dari peristiwa demonstrasi besar-besaran Federasi Buruh Amerika pada 1 Mei 1886. Demonstrasi tersebut bertujuan untuk menuntut upah yang kayak dan penerapan jam kerja yang sesuai. Aksi buruh pada kala itu, para buruh menuntut pemberlakuan sistem 8 jam kerja per harinya karena mereka masih bekerja selama 16 jam per harinya. Para buruh pada masa itu melakukan aksi mogok kerja massal, sebanyak 300.000 buruh hingga 500.000 pekerja Amerika Serikat.

Jumlah buruh bertambah banyak sejak era revolusi industri di Amerika dan juga di Eropa. Oleh karena jam kerja yang dinilai berlebihan, cedera dan kematian akibat kecelakaan kerja dianggap sebagai hal yang biasa terjadi.

Peringatan Hari Buruh di Indonesia dimulai di era kolonial yakni pada 1 Mei 1918 oleh Serikat Buruh Kung Tang Hwee. Pascakolonial, Hari Buruh juga muncul pada era kemerdekaan pada era kemerdekaan. Melalui Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1948 diatur bahwa setiap 1 Mei para buruh diperbolehkan untuk tidak bekerja.

Sempat¬† “menghilang” pada era Orde Baru Shoeharto

Namun, pada era orde baru, perayaan Hari Buruh dilarang keras karena dinilai identik dengan paham komunis. Akibatnya, peringatan Hari Buruh Internasional yang selalu dirayakan setiap 1 Mei sempat ditiadakan pada masa orde baru.

Tuntutan untuk mengembalikan adanya Hari Buruh pun dimulai saat era reformasi. Tidak hanya buruh yang berdemo, tetapi juga ribuan mahasiswa menuntut agar 1 Mei kembali dijadikan Hari Buruh dan hari libur nasional. Demo kian berkembang sampai akhirnya tuntutan tersebut dikabulkan pada era SBY.

Baca juga artikel:

Hari Paskah, Hari Penting Bagi Umat Kristiani

 

BAGIKAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *