Bolehkah Ibu Hamil Minum Air Kelapa?

Kelapa

Masa kehamilan merupakan momen penting bagi seorang ibu hamil, pemilihan asupan yang terbaik harus dilakukan guna menunjang kesehatan janin. Asupan gizi yang baik, merupakan hal yang harus dipersiapkan bagi janin untuk menghadapi proses persalinan. Namun, seringkali kita menemukan pantangan-pantangan bagi ibu hamil, baik itu makanan maupun minuman. 

Beredar rumor bahwa, agar bayi memiliki kulit yang bersih dan putih maka, ibu hamil disarankan untuk rutin mengonsumsi air kelapa saat tengah hamil. Namun di lain sisi, terdapat pandangan juga yang menyatakan bahwa, mengonsumsi air kelapa pada saat usia kehamilan masih muda, dapat meningkatkan risiko keguguran. 

Melansir dari Halodoc, faktanya adalah air kelapa memiliki kandungan kalori serta natrium yang rendah, namun kaya akan kalium. Air kelapa murni memiliki kandungan kalium yang tinggi, dan memiliki peran sebagai anti kram. Hal ini dapat memberikan manfaat yang baik bagi ibu hamil, karena dengan mengonsumsi kalium yang cukup, maka ibu hamil dapat menghindari kram yang kemungkinan besar terjadi karena kekurangan cairan dan elektrolit.

Kandungan natrium yang terdapat di dalam air kelapa relatif rendah, natrium merupakan zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh, namun tidak boleh terlalu banyak. Hal ini dikarenakan, apabila di dalam tubuh terdapat natrium yang berlebih dapat memicu tekanan darah tinggi.

Air kelapa juga memiliki vitamin C yang baik bagi kulit, serta berperan dalam pembentukan kolagen. Namun yang perlu diingat, hal ini tidak serta merta dapat mengubah warna kulit seseorang. Warna kulit ditentukan oleh melamin atau pigmen pada kulit, yang mana dihasilkan oleh melanosit yang berada pada kulit. Setiap manusia pada dasarnya memiliki jumlah melanosit yang sama satu dengan lainnya, namun di samping itu terdapat sejumlah faktor yang dapat membuat hasil warna kulit orang yang satu dengan yang lainnya berbeda. Faktor penunjang tersebut adalah, gen dan paparan terhadap sinar matahari.

Faktor-faktor lainnya seperti gen merupakan turunan dari orang tua, kombinasi gen antara ayah dan ibu ini yang kemudian akan menentukan warna kulit bayi nantinya saat dilahirkan. Kombinasi ini jumlahnya banyak, semuanya tergantung berdasarkan dari gen yang berasal dari sperma dan sel telur. 

Berdasarkan dari penjelasan di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwasanya mengonsumsi air kelapa bagi ibu hamil selama masa kehamilan, yang dapat membuat kulit bayi nantinya menjadi bersih merupakan mitos saja. Namun, bukan berarti bahwa ibu hamil yang rutin mengonsumsi air kelapa tidak mendapatkan kesehatan bagi dirinya dan bagi janin. Seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya, air kelapa dapat membantu mencegah serta menghindari dehidrasi, dan kram selama masa kehamilan.

Baca juga artikel: 

Kegunaan Air Kelapa Sebagai Obat untuk Mengatasi Keracunan Makanan

BAGIKAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *