Tips Manajemen Stres Untuk Menjaga Kesehatan Mental dan Fisik

Kemampuan untuk manajemen stres merupakan sebuah strategi yang dapat membantu Anda mengatasi kesulitan dan stres dengan lebih baik dan bijak, contohnya dengan olahraga rutin, pola makanan yang sehat, hingga meditasi. Anda perlu mewaspadai stres yang berlebih dapat berdampak buruk bagi kesehatan.

 

Setiap orang membutuhkan kemampuan dalam manajemen stres yang baik. Jika tidak, stres dapat berdampak negatif pada kesehatan mental, fisik, hingga sampai emosional. Oleh karena itu mari kita cari tahu dalam pembahasan kali ini mengenai cara mengelola stres yang baik.

 

Teknik Manajemen Stress menurut World Health Organization (2020) adalah sebagai berikut:  

 

  1. Grounding

Grounding adalah teknik manajemen stres yang berfokus pada waktu dan kehidupan saat ini. Dalam kehidupan sehari-hari kita sering juga mengalami emosi yaitu saat ada pikiran dan perasaan yang berat seperti kejadian masa lalu yang menjadi akar kepahitan yang menyakitkan, kekhawatiran akan masa depan atau berbagai perasaan negatif yang muncul saat ini seperti kesal, marah, sedih, gelisah, cemas. Teknik Grounding akan membuat keadaan menjadi lebih aman saat muncul badai emosi tersebut.

 

Bagaimana langkahnya? Berikut cara melakukan teknik grounding:

  • Ketahuilah perasaan dan pikiran Anda saat ini
  • Atur pernapasan dengan menarik napas yang dalam, tahan, dan hembuskan secara perlahan
  • Tekan telapak kaki ke lantai secara  perlahan
  • Rentangkan lengan ke kiri dan kanan secara perlahan, lalu kepalkan di depan dada
  • Lihatlah 5 benda yang ada disekitar Anda, fokus, dan berilah nama pada benda tersebut
  • Sentuh 4 benda yang ada di sekitar, fokus, dan deskripsikan seperti apa bentuk, tekstur, keras atau lunaknya benda tersebut dan bagaimana tekstur permukaannya
  • Dengar 3 suara yang ada di sekitar, fokuskan, dan berilah nama suara apa itu
  • Kecap 2 rasa dari makanan/minuman yang ada di mulut, deskripsikan rasanya, panas, dan dinginnya
  • Cium 1 aroma yang tercium, lalu deskripsikan aromanya
  • Setelah itu fokus dan lakukan kembali kegiatan yang sedang dikerjakan, perhatikan orang-orang sekitar Anda dan apa yang ada disekeliling Anda

 

  1. Melepaskan Diri

Setiap orang ingin melepaskan dan menghilangkan pikiran serta perasaan yang berat dengan berbagai cara. Tetapi terkadang cara melepaskannya salah, sehingga justru memperburuk keadaan. Cara yang dapat kita lakukan agar kita bisa terlepas dari perasaan dan pikiran yang berat yaitu dengan melepaskan diri, yaitu caranya adalah:

 

  • Rasakan perasaan dan pikiran yang berat itu
  • Namai perasaan dan pikiran yang berat itu. Contohnya, saya merasa ini kepala saya berat, saya merasa ini adalah marah, saya merasa ini rasa tidak nyaman di perut, saya merasa ini rasa tertekan di dada, dll.
  • Berfokus kembali pada kegiatan Anda, apakah itu Anda memasak, bermain, makan, mencuci, atau berbincang dengan teman dan menghidupi penuh kegiatan tersebut. Beri perhatian penuh pada orang-orang yang ada di sekitar Anda, siapa pun itu, dan kegiatan Anda, apapun itu.

 

  1. Bertindak Sesuai Nilai

Nilai-nilai Anda menggambarkan diri Anda sendiri ingin menjadi orang yang seperti apa, cara Anda memperlakukan diri, dan dunia di sekitar Anda. Nilai-nilai hidup antara lain: peduli, murah hari, baik, mendukung, banyak membantu, sabar, bertanggung jawab, melindungi, disiplin, berdedikasi, bekerja keras, berani, teguh, penuh maaf, penuh syukur, setia, terhormat, menghormati, dapat dipercaya, adil, dll. Caranya adalah:

  • Tuliskan nilai-nilai penting dalam hidup Anda
  • Perhatikan situasi sulit yang sedang Anda hadapi
  • Lakukan pendekatan dengan cara ubah yang dapat diubah, terima rasa sakit yang tidak dapat diubah, dan jalankan nilai Anda.

 

  1. Berbuat Baik

Saat kita sedang berada di kondisi sulit atau krisis, perasaan dan pikiran sedang terasa berat tentu tidaklah mudah untuk melakukan kebaikan pada diri sendiri dan orang lain. Semua dari sekarang, cobalah mulai melakukan kebaikan untuk diri sendiri dan Anda akan memiliki energi positif yang lebih untuk membantu orang lain, dan memiliki motivasi lebih untuk berbuat baik kepada orang lain, sehingga semua orang dapat manfaat. Cara melakukannya yaitu:

  • Perkatakan kata-kata yang yang pada diri Anda sendiri, seperti: Terima kasih sudah bertahan sejauh ini, Aku adalah ibu yang baik, Aku adalah pasangan yang setia, Saya adalah ayah yang sayang pada keluarga, dll
  • Anda juga dapat mengangkat satu tangan Anda dan bayangkan bahwa itu terisi dengan kebaikan. Tempatkan dengan lembut tangan Anda itu pada bagian tubuh Anda yang terasa sakit. Rasakan kehangatan yang mengalir dari tangan Anda ke dalam tubuh. Biarlah dengan kehangatan tersebut mengalir kebaikan pada diri Anda.
  • Lakukan kebaikan juga terhadap orang lain, dengan cara Anda dapat memberikan suatu apresiasi, pujian, bahkan pertolongan.

 

  1. Memberi Ruang

Memberikan ruang terkadang penting untuk diri Anda ketika perasaan dan pikiran sedang dalam kondisi tertekan dan sulit. Mari lihat ke atas, bahkan langit memiliki ruang untuk perubahan cuaca yang terjadi. Kita dapat belajar seperti langit yang selalu memiliki ruang, berilah ruang tanpa tersakiti untuk cuaca buruk ketika perasaan dan pikiran sedang sulit. Berikut adalah caranya:

  • Coba rasakan pikiran dan perasaan Anda
  • Bayangkan itu adalah kata-kata dan gambar yang ada pada selembar halaman di suatu buku
  • Bayangkan Anda meletakkan buku tersebut dipangkuan atau bayangkan Anda sedang mengapit buku tersebut di lengan dan membawanya
  • Tetaplah hidupi dunia disekitar Anda dengan baik dan sadar
  • Jadi, pikiran itu masih ada pada diri Anda, tetapi disamping itu Anda dapat menghidupi yang ada disekitar Anda

 

Itulah manajemen stres yang dapat dilakukan ketika Anda sedang mengalami kondisi perasaan dan pikiran yang sulit. Latihlah manajemen stres ini setiap saat sehingga menjadi kemampuan baru bagi Anda. Semakin Anda berlatih dengan manajemen stres, maka akan semakin cepat Anda dapat mengatasi rasa stres yang muncul.

BAGIKAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *