Manfaat Hidup Berbagi Kebaikan Kepada Sesama

Manfaat Hidup Berbagi Kebaikan Kepada Sesama
Manusia merupakan makhluk sosial yang membutuhkan orang lain untuk dapat menjalani hidup. Sobat Elim, pernakah Anda mendengar ungkapan “Sharing is Caring”? Sharing is caring merupakan ungkapan yang sering kali digunakan untuk menunjukkan kepedulian yang secara harafiah diartikan “berbagi”. Hal ini menekankan pentingnya berbagi pada orang lain sebagai bentuk perhatian dan kepedulian.
Selain meningkatkan ibadah, berbagi juga akan memberikan banyak dampak positif. Meski terlihat sederhana tertapi akan memberikan kebahagiaan tersendiri saat melakukannya dan memberi dampak positif bagi orang yang menerima kebaikan kita.

Beberapa manfaat dari hidup berbagi kebaikan kepada sesama berikut ini:

1. Menumbuhkan Rasa Syukur

Manfaat pertama dari hidup berbagi adalah menumbuhkan rasa syukur. Dibandingkan dengan menerima sesuatu, memberikan dapat lebih membahagiakan. Berbagi kepada sesama juga tidak harus dalam jumlah besar, berbagi dengan sesama bisa dilakukan sesuai dengan kemampuan dan kondisi. Artinya tidak perlu menunggu kaya terlebih dahulu untuk berbagi dengan orang lain.

2. Meningkatkan Rasa Kepedulian Sosial

Orang yang berbagi memiliki kepedulian kepada orang lain, sehingga keinginan untuk berbagi dengan sesama itu muncul dari dalam diri sendiri. Tidak harus dalam bentuk atau jumlah yang luar biasa, melainkan bantuan kecil pun jika kita lakukan untuk orang lain dengan ketulusan dan ikhlas justru membawa manfaat besar bagi orang lain.

3. Menularkan Kebaikan 

Kebiasaan berbagi juga dapat menjadi hal baik dan positif yang ditularkan kepada orang lain. Walaupun kebiasaan berbagi yang kita lakukan bukan untuk menjadi ajang ‘menunjukkan diri’ tetapi kebaikan yang kita lakukan dengan tulus serta ikhlas dapat mendorong orang lain melakukan kebaikan juga.

Ketika orang melihat ada seseorang yang melakukan kebaikan, maka mereka akan mengingat hal tersebut dan di lain kesempatan ketika ada orang lain yang sedang membutuhkan dia pun akan melakukan kebaikan.

4. Mengurangi Rasa Stres

Berbagi dengan sesama juga dapat mengurangi stres dan membuat hidup menjadi lebih semangat, loh Sobat Elim. Ketika kita berbagi akan ada rasa bahagia yang muncul dalam diri kita, produksi hormon dopamin di dalam otak akan meningkat ketika kita bahagia. Di saat bersamaan, produksi hormon oxytocin akan ditekan, sehingga hal ini merupakan cara yang tepat untuk mengatasi stres.

Baca juga artikel: Begini Cara Menolong Teman yang Melakukan Self Harm

BAGIKAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *